Belajar Efektif dan Fun di WaGoMu#JapaneseClass

Belajar

Perbedaan 隣 (tonari), 横 (yoko), dan 側 (soba) dalam bahasa Jepang

Belajar bhs Jepang, Perbedaan 隣 (tonari), 横 (yoko), dan 側 (soba)Hello guys! Ketemu lagi di BLOG WaGoMu #Japanese Class, masih pada semangat belajar bahasa Jepangnya kan ? Akhir2 ini aku suka dapet pertanyaan soal kosakata2 yang artinya mirip nih. Kali ini kebetulan ada pertanyaan soal perbedaan penggunaan kosakata yang artinya "samping" atau "sebelah" nih. So kita langsung masuk ke pembahasan aja yuu.

"Samping", "Sisi" atau "Sebelah" kalau dalam bahasa Indonesia ini menunjukkan lokasi yang ada di kiri/kanan atau bisa jadi dideket sesuatu yang dimaksud. Nah dalam bahasa Jepang, ada 3 kata ini suka digunakan untuk menunjukkan kata tersebut, yaitu (となり) (tonari), (よこ) (yoko), dan (そば) (soba). 

Nah apa sih perbedaan ketiga kosakata ini ?
Coba kita pasangkan dalam kalimat yuk.

(わたし)(となり)にマンダさんがいます。
(わたし)(よこ)にマンダさんがいます。
(わたし)(そば)にマンダさんがいます。

Kalau kita lihat secara sekilas, ketiga kalimat diatas bisa kita artikan "Di sebelah aku ada kak Manda". Nah lho berarti artinya sama kah ?.. Tidak, ketiga kosakata itu sebenarnya ada perbedaan yang sangat jelas.

Pertama2 kita coba bahas (となり) (tonari). Dari kosakata Tonari banyak yang ngebayangin sesuatu yang ada di sebelah yaa. Seperti (いえ)(となり) (ie no tonari) yang diartikan "rumah yang ada di sebelah". Dengan bayangan seperti itu tonari bisa kita anggap sesuatu yang dekat dan ada di kiri/kanan objeknya ya.

Tapi pernah denger juga ga ()(ほん)(となり)(かん)(こく)があります (nihon no tonari ni kankoku ga imasu) atau kita artikan "di sebelah Jepang ada Korea Selatan". Nah lho, kalau Kata gabungan ie no tonari kan deket banget tuh, tp sekarang jarak antara Jepang dan Korea Selatan itu kalau dibilang deket ya ga deket2 amat ya, lumayan lah ada puluhan atau mungkin ratusan kilometer. 

Dari sini aku simpulkan, (となり) (tonari) tidak dibatasi jarak, tapi ada batasan yaitu sesuatu yg paling deket atau yg pertama tersentuh dari arahnya

Yang kedua ada kosakata (よこ) (yoko), yang satu ini sering kita gunakan untuk menyebukan di sebelah kiri/kanan. Seperti pada kalimat ini, ()(ほん)(よこ)(かん)(こく)(ちゅう)(ごく)とアメリカがあります (nihon no yoko ni kankoku to chuugoku to amerika ga arimasu) yang kalau kita artikan menjadi "Di sebelah Jepang ada Korea Selatan, China, dan Amerika".


*image by Google Maps

Iya, berbeda dengan (となり) (tonari) yang hanya menghitung 1 yang terdekat aja, (よこ) (yoko) memiliki ciri khas yaitu dia menghitung semua yang ada di garis horizontal ke kiri/kanan

Dan yang terakhir yaitu (そば) (soba). Berbeda dengan (となり) (tonari) dan (よこ) (yoko), (そば) (soba) akan terikat dengan jarak. (そば) (soba) terbatas dengan jarak di sekitar bendanya, dan biasanya jangkauannya itu sekitar gapaian tangan orang. Jadi selama masih bisa disentuh oleh tangan kita dari posisi kita itu berarti (そば) (soba), dan ga ada batasan harus di kiri/kanan, melainkan 360 derajat di sekitar bendanya. 


Yuk kita coba simpulkan perbedaannya.



① (Merah) (となり) (tonari) itu sesuatu yg paling deket atau yg pertama tersentuh dari arahnya
② (Hijau) (よこ) (yoko) itu semua yang ada di garis horizontal ke kiri/kanan. 
③ (Biru) (そば) (soba) sesuatu yang ada di sekitar bendanya.

Gimana materi kali ini guys ?
Banyak yang salah paham soal perbedaan dari 3 kosakata ini guys. Tp sekarang udah pada tau kan perbedaan dari (となり) (tonari), (よこ) (yoko) dan (そば) (soba) ? Next kita belajar apa nih ? Kalau ada yang ingin aku bahas lg boleh tulis aja di kolom komentar yaa

Kontak Aku kesini yaa:

Komentari Artikel Ini

Komentar

  • Trimakasih untuk materi yang di berikan sangat bagus dan jelas keterangan nya sangat bermanfaat juga bagi kami yang masih pemula

    Diposting oleh Dede Yusuf Sufriyadi pada 2024-01-30 10:19
  • ingin rasanya bisa belajar bahasa jepang yang konsisten

    Diposting oleh Jaka utama pada 2024-01-29 18:11

J-Class, pernah diliput di :